Jumat, 03 Mei 2013

Contoh Karya Ilmiah



PENGARUH BAHASA IKLAN BAGI REMAJA DALAM MENENTUKAN SIKAP

Karya ilmiah diajukan dalam rangka memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2012/2013.







Disusun oleh:
1.      RIKSA THABRANI                              (23)
2.     M. SHOLAHUDDIN AL-AYYUBY      (18)
3.     AHMAD RIZA BAHTIAR                    (01)
4.     MOHAMMAD TOFA                            (17)
5.     HARIS WAHID PRASETY O               (12)


 

SMA NEGERI 2 KUDUS
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
PENGESAHAN



            Karya tulis penelitian yang berjudul “Pengaruh Bahasa Iklan bagi Remaja” ini telah disetujui untuk memenuhi tugas karya ilmiah remaja kelas XI SMA Negeri 2 Kudus tahun pelajaran 2012/2013.

     Hari       :    Rabu
     Tanggal  :    10 April
     Tahun    :    2013


     Mengetahui,                                                                       
     Kepala SMA 2 Kudus                                          Pembimbing


     Drs. M. Zainuri, M.Si                                            Bandung, S.Pd., M.Pd.
     NIP.  19641122 199203 1 005                             NIP. 19600626 198201 1 005



ABSTRAK

Remaja merupakan individu yang terletak di antara golongan anak-anak dan dewasa. Sehingga, kehidupan remaja masih labil dan terus mencari jati diri, Remaja sebenarnya tidak memiliki tempat yang jelas.Mereka sudah tidak termasuk golongan anak-anak, tetapi belum juga diterima secara penuh untuk dikategorikan sebagai golongan dewasa.Remaja berada di antara anak dan orang dewasa.Oleh karena itu, remaja sering disebut dengan fase mencari jati diri.
Dari kenyataan tersebut, penulis termotivasi membuat sebuah karya ilmiah yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bahasa iklan bagi remaja. Bagaimana pengaruh bahasa iklan terhadap remaja  dan bagaimana remaja menyikapi bahasa-bahasa iklan ?
       Penulis melakukan pengamatan dengan memberikan angket kepada siswa kelas XI IPA 6yang terdiri dari 6 pertanyaan pilihan ganda dengan diisi secara objektif dan penuh kejujuran.

            Hasil pengamatan menunjukkan bahwa dari hasil pengamatan, dapat disimpulkan bahwa bahasa iklan mempengaruhi remaja dalam menentukan sikap atau pilihan, dan dengan bahasa yang menarik ternyata remaja tidak langsung serta merta percaya terhadap apa yang ditawarkan dalam sebuah iklan.

     Kata Kunci : Bahasa
                          Periklanan
                          Remaja
     viii + 16 halaman; 1 tabel; 4 lampiran
     Daftar Acuan : 8 (2008-2012)



KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan petunjuk-Nya, kami dapat menyelesaikan karya tulis penelitian ini. Karya tulis penelitian yang berjudul “Pengaruh Bahasa Iklan bagi Remaja dalam Menentukan Sikap” ini kami susun sebagai usaha untuk memberikan sumbang pemikiran bagi pembaca.
            Pada kesempatan ini, tak lupa kami menyampaikan rasa terima kasih kepada :
     1. Drs. M. Zainuri, M.Si, selaku Kepala SMA 2 Kudus
     2. Bandung, S.Pd., M.Pd, selaku pembimbing karya tulis
     3. Kedua orang tua kami yang telah memberikan motivasi dan dorongan
     4. Pihak-pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu
            Akhir kata, tiada gading yang tak retak, demikian pula dengan karya tulis penelitian ini yang masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang konstruktif sangat kami harapkan demi perbaikan karya tulis penelitian ini. Semoga penelitian yang sederhana ini berguna bagi kita semua.



                                                                                          Penulis



DAFTAR ISI

Halaman Judul ……………………………………………………………    i
Halaman Pengesahan …………………………………………………….     ii
Abstrak …………………………………………………………………..     iii
Kata Pengantar …………………………………………………………..     iv
Daftar Isi …………………………………………………………………    v
Daftar Tabel ……………………………………………………………...    vii
Daftar Gambar ……………………………………………………………   viii
Bab I PENDAHULUAN
       A. Latar Belakang ……………………………………………………   1
       B. Rumusan Masalah ………………………………………………...    2
       C. Tujuan Penelitian …………………………………………………    2
       D. Manfaat Penelitian ………………………………………………..   2
Bab II TINJAUAN PUSTAKA
       A. Tinjauan Pustaka tentang Bahasa ……………….                              3
       B. Tinjauan Pustaka tentang Periklanan …………………….                 3
       C. Tinjauan Pustaka tentang Kehidupan Remaja……………………...  5
Bab III METODE PENELITIAN
       A. Jenis Penelitian ……………………………………………………   8
       B. Objek Penelitian …………………………………………………..   8
       C. Lokasi dan Waktu Penelitian ……………………………………...   8
       D. Teknik Pengambilan Sampel ……………………………………..    8
       E. Besar Sampel ………………………………………………………  8
       F. Instrumen Penelitian ………………………………………………   8
Bab IV PEMBAHASAN
       A. Langkah Penyebaran Angket ……………………………………… 10
       B. Analisis Data ………………………………………………………  10
       C. Grafik Analisis Data ……………………………………………….  12
       D. Rekapitulasi Hasil Analisa …………………………………………  15

Bab V PENUTUP
       A. Simpulan …………………………………………………………..   16
       B. Saran ………………………………………………………………   16
Daftar Pustaka


DAFTAR TABEL

     1.  Tabel 1 Hasil Angket Responden …………………..………………….   10


DAFTAR GAMBAR

     1. Grafik 1     : Pernyataan responden mengenai pentingnya iklan.................12
2. Grafik  2    : Pernyataan responden mengenai bahasa iklan.......................13
     3. Grafik  3   : Pernyataan responden mengenai pengaruh bahasa iklan dalam menentukan pilihan.................................................................13
     4. Grafik 4   Pernyataan responden mengenai ketertarikan terhadap
                         Iklan……………………………………………………….….14
5. Grafik  5   : Pernyataan responden mengenai ketertarikan terhadap iklan..14
     6. Grafik 6    Pernyataan responden mengenai iklan yang bagus................15



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
            Di era modern seperti ini banyak sekali berbagai macam media, baik cetak, maupun elektronik yang digunakan untuk menyampaikan iklan, sehingga iklan lebih mudah disampaikan dan diterima oleh khalayak atau masyarakat, khususnya bagi remaja tentunya dengan bahasa yang menarik dan persuasif. Bahasa iklan bersifat persuasif maksudnya bahasa itu harus mampu membujuk pembaca atau pendengar, selain hal itu bahasa iklan  harus dibuat  menarik dengan tujuan agar lebih mengena di hati khalayak terutama remaja.
Remaja sebenarnya tidak memiliki tempat yang jelas.Mereka sudah tidak termasuk golongan anak-anak, tetapi belum juga diterima secara penuh untuk dikategorikan sebagai golongan dewasa.Remaja berada di antara anak dan orang dewasa.Oleh karena itu, remaja sering disebut dengan fase mencari jati diri.
Remaja belum mampu untuk menguasai dan memfungsikan secara maksimal fungsi fisik maupun psikisnya (Monks dkk., 1989).Fase remaja merupakan fase yang berada pada masa amat potensial, baik dari segi kognitif, emosi maupun fisik.Kemampuan intelektual yang terus berkembang menyebabkan remaja mencapai tahap berpikir operasional formal. Memungkinkan remaja mampu berpikir secara abstrak, menguji hipotesis dan mempertimbangkan peluang apa saja yang ada padanya daripada sekadar melihat apa adanya (Shaw dan Costanzo, 1985).
Oleh karena itu, penulis memiliki sebuah ide membuat sebuah karya ilmiah untuk mengetahui pengaruh apa sajakah yang ditimbulkan dari bahasa iklan pada remaja. Dampak tersebut dapat timbul dari segi positif maupun negatif. Hal ini diharapkan dapat membuat para remaja lebih cermat dalam mencerna bahasa iklan tersebut agar tidak mudah termakan rayuan bahasa iklan.

B.     RUMUSAN MASALAH
Dalam hal ini, penulis memiliki masalah/pertanyaan yaitu :
1.      Bagaimana pengaruh bahasa iklan terhadap remaja ?
2.      Bagaimana remaja menyikapi bahasa-bahasa iklan ?

C.    TUJUAN PENELITIAN
1.      Mengetahui seberapa besarkah remaja terpengaruh oleh bahasa iklan.
2.      Mengetahui sikap yang ditimbulkan oleh remaja terhadap bahasa iklan.

D.    MANFAAT PENELITIAN
1.      Memberikan informasi kepada remaja untuk cermat dalam mencerna bahasa iklan.
2.      Memberikan informasi kepada remaja tentang sikap yang harus dilakukan dalam menanggapi bahasa iklan.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.    TINJAUAN PUSTAKA TENTANG BAHASA
            Bahasa merupakan sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya. Bahasa yang baik berkembang berdasarkan suatu sistem, yaitu seperangkat aturan yang dipatuhi oleh pemakainya. Bahasa sendiri berfungsi sebagai sarana komunikasi serta sebagai sarana integrasi dan adaptasi.
            Teori lain mengenai bahasa diungkapkan oleh Plato bahwa  bahasa pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut.
            Harimurti Kridalaksana (2001:21) mengatakan bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang dipergunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasikan diri.
Bila dilihat dari beberapa definisi dan pengertian mengenai bahasa menurut beberapa ahli diatas, kita bisa melihat bahwa terdapat perbedaan definisi tentang bahasa dimana definisi dari setiap ahli tergantung dengan apa yang ingin ditekankan oleh setiap tersebut. Namun meskipun terdapat perbedaan, nampaknya disepakati bersama bahwa bahasa adalah alat komunikasi. Dan sebagai alat komunikasi , bahasa mempunyai fungsi-fungsi dan ragam-ragam tertentu.
B.     TINJAUAN PUSTAKA TENTANG PERIKLANAN
Berasal dari bahasa Yunani , kurang lebih pengertiannya “ mengiring orang pada gagasan “
Secara komprehensip “ semua bentuk aktivitas untuk memperkenlakan dan mempromosikan ide, barang, atau jasa secara non personal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko.
       Kotler (1999) mengatakan periklanan ialah segala macam bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa non-personal yang dibayar oleh sponsor tertentu.
Sedangkan Wells (1992) mengatakan bahwa periklanan adalan komuinikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor yang menggunakan media massa untuk membujuk dan mempengaruhi audience.
Menurut Rhenald Kasali (1992): Iklan didefinikan sebagi pesan yang... menawarkan suatu produk yang ditujukan untuk masyarakat melalui suatu media. Beda dengan pengumuman biasa, iklan lebih membujuk orang untuk membeli.
Menurut PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia): Periklanan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayaioleh pemrakarsadan ditujuan untuk sebagian atau seluruh masyarakat.
Dunn & Barban (1996): Periklanan adalah komunikasi non-personal melalui beragam media yang dibayar oleh perusahaan,organisasi non-profit dan individu-individu dengan menggunakan pesan iklan yang diharapkan dapat menginformasikan atau membujuk kalangan tertentu yang membaca pesan tersebut.
Menurut Russel & Lane (1990): Suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa medium komunikasi massa.
Menurut Gilson & Berkman (1980): Iklan merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas atau tujuan pemasaran.
C.   TINJAUAN PUSTAKA TENTANG KEHIDUPAN REMAJA
                 Remaja berasal dari kata latin adolesence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik (Hurlock, 1992). Remaja sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua. Seperti yang dikemukakan oleh Calon (dalam Monks, dkk 1990) bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak.
                 Borring E.G. (dalam Hurlock, 1990) mengatakan bahwa masa remaja merupakan suatu periode atau masa tumbuhnya seseorang dalam masa transisi dari anak-anak kemasa dewasa, yang meliputi semua perkembangan yang dialami sebagai persiapan memasuki masa dewasa. Sedangkan Monks, dkk (dalam Hurlock, 1990) menyatakan bahwa masa remaja suatu masa disaat individu berkembang dari pertama kali menunjukkan tanda-tanda seksual, mengalami perkembangan psikologis dan pola identifikasi dari anak menjadi dewasa, serta terjadi peralihan dari ketergantungan sosial ekonomi yang penuh pada keadaan yang mandiri.
                 Neidahart (dalam Hurlock, 1990) menyatakan bahwa masa remaja merupakan masa peralihan dan ketergantungan pada masa anak-anak kemasa dewasa, dan pada masa ini remaja dituntut untuk mandiri. Pendapat ini hampir sama dengan yang dikemukakan oleh Ottorank (dalam Hurlock, 1990) bahwa masa remaja merupakan masa perubahan yang drastis dari keadaan tergantung menjadi keadaan mandiri, bahkan Daradjat (dalam Hurlock, 1990) mengatakan masa remaja adalah masa dimana munculnya berbagai kebutuhan dan emosi serta tumbuhnya kekuatan dan kemampuan fisik yang lebih jelas dan daya fikir yang matang.
                  Erikson (dalam Hurlock, 1990) menyatakan bahwa masa remaja adalah masa kritis identitas atau masalah identitas – ego remaja. Identitas diri yang dicari remaja berupa usaha untuk menjelaskan siapa dirinya dan apa perannya dalam masyarakat, serta usaha mencari perasaan kesinambungan dan kesamaan baru para remaja harus memperjuangkan kembali dan seseorang akan siap menempatkan idola dan ideal seseorang sebagai pembimbing dalam mencapai identitas akhir.
                  Piaget (dalam Hurlock, 1999) memandang masa remaja sebagai usia di mana individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa, usia dimana anak tidak lagi di bawah tingkat orang yang lebih tua melainkan dalam tingkatan yang sama, sekurang-kurangnya dalam masalah hak.
              Beberapa uraian mengenai masa remaja :
1.    Masa remaja adalah masa yang sangat penting karena masa remaja merupakan masa yang paling rawan. Karena apabila remaja salah dalam mengambil langkah maka akibatnya akan terasa seketika itu juga bahkan jangka panjang baik fisik maupun psikologisnya. Ini dikarenakan selain perkembangan fisik yang sangat pesat remaja juga harus mengimbanginya dengan perkembangan mentalnya.
2.    Masa remaja adalah masa perubahan. Ada lima perubahan yang universal dalam remaja, (1) Perubahan tingkatan emosi, biasanya emosinya lebih tinggi, (2) Perubahan pada tubuh yang sangat pesat, (3) Minat dan peran yang diharapkan dalam kelompok sosial, (4) Minat dan pola perilaku berubah maka nilai-nilai juga berubah dan pa yang dianggap penting pada masa anak-anak sekarang tidak penting lagi, (5) Sebagian besar remaja bersikap ambivalen terhadap suatu perubahan. Mereka menuntut adanya kebebasan tetapi mereka masih takut untuk bertanggung jawab.
3.    Masa remaja merupakan masa pencarian identitas. Ericson menyatakan bahwa identitas diri yang dicari remaja berupa usaha untuk menjelaskan siapa dirinya, apa perannya dalam masyarakat, apakah ia seorang anak ataukah seorang dewasa, apakah ia mampu, percaya diri, sekalipan latar belakang ras, agama maupun nasionalnya. Pencarian identitas ini menurut ericson mempengaruhi perilaku remaja,dan salah satu cara untuk menguatkan identitasnya ini, biasanya menggunakan symbol status dalam bentuk motor, mobil, pakaian, dan pemilihan barang–barang lain yang mudah terlihat, ini semua demi menarik perhatian.
4.    Masa remaja merupakan masa yang tidak realistis. Didalam memandang diri sendiri dan orang lain, remaja cenderung melihatnya dari sisi yang dia inginkan bukan sebagaimana adanya. Tidak hanya bagi dirinya sendiri tetapi juga keluarga dan teman-temannya. Ini semua mengakibatkan tingginya emosi dan kecewa jika orang lain membuat kecewa remaja ataupun tidak tercapainya apa yang di inginkan.
             Berdasarkan beberapa pengertian remaja yang telah dikemukakan para ahli, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa remaja adalah individu yang sedang berada pada masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa dan ditandai dengan perkembangan yang sangat cepat dari aspek fisik, psikis dan sosial.



BAB III
METODE PENELITIAN

A.   JENIS PENELITIAN
       Penelitian ini merupakan penelitian observasi dan angket secara acak untuk mengetahui pengaruh bahasa iklan terhadap remaja.
B.   OBJEK PENELITIAN
       Siswa kelas XI IPA 6 SMA 2 Kudus
C.   LOKASI DAN WAKTU PENELITIAN
       Penelitian dilaksanakan di sekolah pada tanggal 4 April 2013
D.   TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL
       Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dilakukan dengan memberikan angket kepada teman-teman secara langsung
E.   BESAR SAMPEL
       Angket diberikan kepada siswa kelas XI IPA 6 sebanyak 30 anak.
F.    INSTRUMEN PENELITIAN
       Memberikan angket kepada siswa-siswi kelas XI IPA 6 SMA 2 Kudus secara acak yang berisi beberapa pertanyaan, yaitu :
1.      Apakah menurut anda iklan itu penting baik di media cetak ataupun  elektronik ?
a.       Penting
b.      Tidak penting
c.       Biasa saja
2.      Bagaimanakah menurut anda mengenai bahasa iklan yang digunakan pada umumnya?
a.       Menarik
b.      Sangat menarik
c.       Biasa saja
3.      Apakah bahasa iklan mempengaruhi sikap anda dalam menentukan pilihan ?
a.       Berpengaruh
b.      Tidak sama sekali
c.       Mungkin
4.      Apakah anda selalu tertarik dengan iklan-iklan baik di media cetak ataupun media elektronik?
a.       Ya
b.      Tidak
c.       Kadang-kadang
5.      Apakah anda percaya dengan apa yang ditawarkan di dalam sebuah iklan ?
a.       Percaya
b.      Tidak percaya
c.       Kadang-kadang
6.      Menurut anda, iklan bagaimanakah yang bagus ?
a.       Melalui SPG
b.      Melalui media cetak
c.       Melalui media elektronik



BAB IV
ANALISIS HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.   LANGKAH PENYEBARAN ANGKET
            Angket pengamatan disusun dengan langkah sebagai berikut:
       1.  Menyusun angket sebanyak 6 pertanyaan pilihan ganda
       2. Menyebarkan angket kepada kelas XI IPA 6 sebanyak 30 responden
       3. Responden mengisi angket secara objektif dan penuh kejujuran
       4. Angket dikumpulkan sebagai hasil laporan
       5. Menganalisis hasil laporan dalam karya ilmiah
B.   ANALISIS DATA
  _ ANGKET 1
            Angket diberikan kepada siswa kelas XI IPA 6 sebanyak 30 angket, dengan 6 pertanyaan pilihan ganda. Jawaban dipilih secara jujur dan objektif.
TABEL 1 HASIL ANGKET RESPONDEN
NO
PERTANYAAN
A
B
C
KETERANGAN
1.
Apakah menurut anda iklan itu penting baik di media cetak ataupun  elektronik ?

9
1
20
A.    Penting
B.     Tidak penting
C.     Biasa saja
2.
Bagaimanakah menurut anda mengenai bahasa iklan yang digunakan pada umumnya?

13
8
9
A.    Menarik
B.     Sangat menarik
C.     Biasa saja
3.
Apakah bahasa iklan mempengaruhi sikap anda dalam menentukan pilihan ?

11
5
14
A.    Berpengaruh
B.     Tidak sama sekali
C.     Mungkin

4.

Apakah anda selalu tertarik dengan iklan-iklan baik di media cetak ataupun media elektronik?


2

4

24

A.    Ya
B.     Tidak
C.     Kadang-kadang
5.
Apakah anda percaya dengan apa yang ditawarkan di dalam sebuah iklan ?

0
7
23
A.    Percaya
B.     Tidak Percaya
C.     Kadang-kadang
6.
Menurut anda, iklan bagaimanakah yang bagus ?

7
4
19
A.    Melalui SPG
B.     Melalui media cetak
C.     Melalui media elektronik

Dari hasil angket yang penulis dapatkan dari siswa kelas XI IPA 6, diperoleh data sebagai berikut :
a.       Pertanyaan 1 : Apakah iklan penting ?, diperoleh hasil:
Jawaban A (Penting) tercatat sebanyak 30%
Jawaban B (Tidak penting) tercatat sebanyak 3,3%
Jawaban C (Biasa saja) tercatat sebanyak 66,6%
b.      Pertanyaan 2 : Bagaimana bahasa iklan pada umumnya ?, diperoleh hasil:
Jawaban A (Menarik) tercatat sebanyak 43,3%
Jawaban B (Sangat menarik) tercatat sebanyak 26,6%
Jawaban C (Biasa saja) tercatat sebanyak 30%
c.       Pertanyaan 3 : Apakah bahasa iklan mempengaruhi sikap dalam menentukan pilihan ?, diperoleh hasil:
Jawaban A (Berpengaruh) tercatat sebanyak 36,6%
Jawaban B (Tidak sama sekali) tercatat sebanyak 16,6%
Jawaban C (Mungkin) tercatat sebanyak 46,6%
d.      Pertanyaan 4 : Apakah anda tertarik dengan iklan yang ditawarkan ?, diperoleh hasil:
Jawaban A (Ya) tercatat sebanyak 6,6%
Jawaban B (Tidak) tercatat sebanyak 13,3%
Jawaban C (Kadang-kadang) tercatat sebanyak 80%
e.       Pertanyaan 5 : Apakah anda percaya dengan penawaran iklan ?, diperoleh hasil:
Jawaban A (Percaya) tercatat sebanyak 16,6%
Jawaban B (Tidak percaya) tercatat sebanyak 23,3%
Jawaban C (Kadang-kadang) tercatat sebanyak 76,6%
f.       Pertanyaan 6 : Bagaimanakah iklan yang bagus ?, diperoleh hasil:
Jawaban A (Melalui SPG) tercatat sebanyak 23,3%
Jawaban B (Melalui media cetak tercatat sebanyak 13,3%
Jawaban C (Melalui media elektronik) tercatat sebanyak 63,3%

C.   GRAFIK ANALISIS DATA

Grafik 1 : Pernyataan responden mengenai pentingnya iklan.


Grafik 2 : Pernyataan responden mengenai bahasa iklan.
  
Grafik 3 : Pernyataan responden mengenai pengaruh bahasa iklan dalam menentukan pilihan.

Grafik 4 : Pernyataan responden mengenai ketertarikan terhadap iklan.
               
Grafik 5 : Pernyataan responden mengenai percaya atau tidak dengan penawaran iklan.

                    
       Grafik 6 : Pernyataan responden mengenai iklan yang bagus.
D.    REKAPITULASI HASIL ANALISIS
Berdasarkan hasil data angket, diperoleh keterangan bahwa iklan merupakan suatu pengenalan produk yang dianggap oleh remaja biasa saja (sebanyak 66,6%), remaja terkadang tertarik dengan berbagai iklan yang dipublikasikan (sebanyak 80%), dengan bahasa yang menarik (sebanyak 43,3%), iklan mempengaruhi sikap remaja dalam menentukan pilihan (sebanyak 46,6%), dan melalui media elektronik merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian khalayak (sebanyak 63,3%), remaja terkadang percaya dengan apa yang ditawarkan dalam sebuah iklan(sebanyak 76,6%), hal ini memberi arti bahwa remaja mempunyai sikap kritis dalam mencerna suatu iklan.


BAB V
PENUTUP

A.   SIMPULAN
                        Sesuai analisa data dari pengaruh bahasa iklan bagi remaja, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
       1. Bahasa iklan mempengaruhi sikap remaja dalam menentukan pilihan.
       2.  Remaja bersikap kritis dalam mencerna iklan, dengan tidak langsung serta merta percaya terhadap apa yang ditawarkan pada sebuah iklan.
B.   SARAN
            Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diajukan beberapa saran:
       1. Pandai-pandailah remaja dalam menentukan pilihan terhadap apa yang ditawarkan dalam sebuah iklan.
       2. Janganlah mudah terbujuk oleh rayuan bahasa iklan yang manis.




DAFTAR PUSTAKA
Ali, Asrofi. 2008. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hutagalung, Inge. 2012. Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Depdikbud
Ratriaso, Imam. 2008. Remaja Unggul Kamukah Itu?. Jakarta: Nobel Edumedia
regieranjana.blogspot.com/2010/11/pengertian-iklan.html



LAMPIRAN

A.   BIODATA KETUA KELOMPOK
      
       Nama Lengkap                : Riksa Thabrani
       Jenis Kelamin                  : Laki-laki
                                               Tempat, Tanggal Lahir             :           Jepara, 22 April 1996
       Alamat Rumah                : Ds. Tigajuru Rt 3 Rw 1, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara
                                               Handphone      :           08978177434
       Email                               :            riksathabrani@yahoo.co.id
       Nama Sekolah                 : SMA 2 Kudus
                                               Kelas    :           XI IPA 7
       Alamat Sekolah               : Jalan Ganesha Purwosari, Kudus
       Telepon/Fax Sekolah       : (0291) 431630

B.   BIODATA ANGGOTA KELOMPOK
      
       Nama Lengkap                : Ahmad Riza Bahtiar
       Jenis Kelamin                  : Laki-laki
                                               Tempat, Tanggal Lahir :           Kudus , 31 Januari 1996
       Alamat Rumah                : Jl. Jepara no. 101 Kaliwungu Kudus
       Handphone                      : 089605008289
       Email                               : eza_cyberprime@yahoo.com
       Nama Sekolah                 : SMA 2 Kudus
                                               Kelas    :           XI A 7
       Alamat Sekolah               : Jalan Ganesha Purwosari, Kudus
       Telepon/Fax Sekolah       : (0291) 431630

      
       Nama Lengkap                : Haris Wahid Prasetyo
       Jenis Kelamin                  : Laki-laki
                                               Tempat, Tanggal Lahir :           Kudus, 22 Agustus 1996
       Alamat Rumah                : Ds. Jepang Pakis, Kec.Jati, Kab Kudus.
       Handphone                      : 089659608254
       Email                               : harisafterlife@ymail.com
       Nama Sekolah                 : SMA 2 Kudus
                                               Kelas    :           XI A 7
       Alamat Sekolah               : Jalan Ganesha Purwosari, Kudus
       Telepon/Fax Sekolah       : (0291) 431630


      
       Nama Lengkap                : Mohammad Tofa
       Jenis Kelamin                  : Laki-laki
                                               Tempat, Tanggal Lahir :           Kudus, 4 mei 1995
       Alamat Rumah                : Jl. Jepara km 5 Kudus
       Handphone                      : +6289669307280
       Email                               : tofa.naiybi22@gmail.com
       Nama Sekolah                 : SMA 2 Kudus
                                               Kelas    :           XI A 7
       Alamat Sekolah               : Jalan Ganesha Purwosari, Kudus
       Telepon/Fax Sekolah       : (0291) 431630


      
       Nama Lengkap                : Muhammad Sholahuddin Al-Ayyuby
       Jenis Kelamin                  : Laki-laki
                                               Tempat, Tanggal Lahir :           Kudus , 18 Mei 1996
       Alamat Rumah                : Krandon Rt.05/01
       Handphone                      : 089652696942
       Email                               : ayyub_96@yahoo.com
       Nama Sekolah                 : SMA 2 Kudus
                                               Kelas    :           XI A 7
       Alamat Sekolah               : Jalan Ganesha Purwosari, Kudus
       Telepon/Fax Sekolah       : (0291) 431630

C.   BIODATA GURU PEMBIMBING
       Nama Lengkap                :            Bandung., S.Pd. M.Pd.
Jenis Kelamin                  :            Laki-laki
Instansi                            :            SMA 2 Kudus
Jabatan                            :            Guru Bidang Bahasa Indonesia
Handphone                      :           
085643713878
Email                               :           bandungsma2kds@gmail.com

                                                                                                                Kudus, 30 April 2013
       Ketua Kelompok                                                     Pembimbing




        Riksa Thabrani                                            Bandung., S.Pd. M.Pd.
                                                                                  NIP. 19600626 198201 1 005
      



    

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar